Blog dan Buku Diary

Menulis blog mungkin dianggap sebagai pekerjaan mengisi waktu luang bagi kebanyakan orang pada awalnya, tetapi kenyataan yang sering terjadi kemudian adalah seorang penulis blog yang aktif memerlukan waktu yang lebih dari sekadar mengisi waktu luang. Walaupun bisa jadi memerlukan waktu dan perhatian khusus, menulis blog bukanlah pekerjaan yang sia-sia.

Setidaknya Anda akan mendapatkan banyak hal jika tulisan Anda mendapatkan cukup banyak perhatian pembaca. Sebuah blog dapat menimbulkan interaksi dan umpan balik, menghasilkan informasi, pengetahuan, atau hiburan bagi pembaca, maka jangan heran kalau tulisan Anda ditunggu-tunggu, dan situs blog Anda mendapatkan tempat kehormatan terletak pada daftar bookmark pengunjung setia Anda. Jika Anda telah tertarik memublikasikan sesuatu pada blog Anda, maka pertanyaan berikutnya adalah mulai dari mana dan bagaimana membuat blog? Jika itu pertanyaan Anda, maka artikel ini akan mencoba memberikan jawaban.

Asal Muasal Blog

Istilah blog berasal dari dua kata, yaitu web log. Sehingga sebuah blog dapat diartikan sebagai catatan, jurnal, diary, atau apapun yang ingin Anda tulis, yang dipublikasikan di dalam sebuah website. Blog pada umumnya berbentuk rangkaian tulisan kronologis dengan tulisan terbaru berada pada bagian atas. Hal yang bisa dimengerti karena posisi teratas mudah untuk diakses pengunjung, dan mudah untuk diketahui pengunjung apabila terdapat tulisan yang baru di-update. Blog modern seperti yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan dari online diary yang dimulai dari tahun 1994. Seperti tercermin dari namanya, online diary adalah diary atau jurnal seseorang yang dipublikasikan melalui Internet. Pada online diary, orang-orang menuliskan aktivitas dan pengalaman mereka dari hari ke hari, dapat juga berupa komentar, puisi, atau pemikiran lainnya.

Karena bersifat online, maka online diary tentunya diperuntukkan agar orang lain dapat membacanya. Pembaca juga mampu berkontribusi di dalamnya dengan menuliskan tanggapan terhadap penulis online diary. Seiring dengan perkembangan Internet dan teknologi, online diary mulai berkembang dengan mengombinasikan unsur multimedia, yaitu text, video, dan gambar. Di lain pihak, website perusahaan maupun personal yang saat itu mulai marak, sering menampilkan menu News (atau What’s New) pada halaman utama yang berisi berita terbaru yang disusun berdasarkan tanggal terbaru.Unsur-unsur gabungan dari sebuah website pada umumnya dan online diary inilah yang kemudian melahirkan web blog atau blog.

Karena itu, blog saat ini tidak hanya menampilkan content,tetapi juga diperkaya dengan fitur-fi tur lain sebagaimana layaknya sebuah website. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah link ke blog/website lain, juga terdapat weblog search engine yang mengizinkan Anda menelusuri topik-topik yang berhubungan satu sama lain sesuai dengan minatnya. Pembuat blog kemudian dikenal dengan nama blogger, dan menjadi hal yang umum (dan hampir wajib) untuk para blogger membentuk suatu persahabatan di dunia maya, baik dengan saling memberikan link website ataupun terlibat dalam suatu komunitas blog.

Blog Perusahaan

Untuk mengumpulkan komunitas dan memberikan informasi yang luas, suatu perusahaan atau institusi juga dapat aktif membuat blog. Artinya, dunia bisnis ternyata juga mulai menilik blog sebagai sebuah sarana yang dapat mendukung kemajuan perusahaan. Contohnya dapat Anda lihat pada situs http://www.computer-world.com/blogs yang merupakan blog dari Computer World, sebuah perusahaan media teknologi terkemuka. Computer World membagi-bagi kategori blognya untuk mempermudah klasifikasi, misalnya kategori Security yang membahas masalah keamanan, kategori Operating System yang membahas sistem operasi, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan di Indonesia? Tentunya tidak ketinggalan,

contohnya Indosiar memiliki blog di http://blog.indosiar.com, sementara Tempo Interaktif memiliki blog di http://blog.tempointeraktif.com. Melihat bahwa perusahaan yang berorientasi bisnis juga mulai nge-blog, mungkin menimbulkan pertanyaan apakah bisa mendapatkan uang melalui blog? Karena bisa jadi terpikir oleh Anda, sudah lelah-lelah menulis, masa tidak dapat uang? Jawabannya adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Penghasilan tambahan dapat berupa iklan, donasi, atau bahkan menjual produk dalam blog Anda. Tujuannya tentu untuk mendapatkan penghasilan, karena itu Anda tidak perlu malu untuk meletakkannya jika memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Akan tetapi, hal yang terutama kembali pada content blog itu sendiri, apakah Anda dapat menjaga kualitasnya sehingga proporsi dan tampilan blog Anda tetap terjaga dengan baik dan menarik bagi pengunjung (yang tentunya masuk ke dalam blog bukan untuk mencari iklan). Nuansa keakraban menjadi salah satu ciri blog, tetap mengutamakan content walaupun Anda juga mengharapkan penghasilan tambahan. Percayalah jika Anda mampu menampilkan tulisan menarik dan produktif, maka secara otomatis Anda akan lebih banyak dikenal dan mengenal orang, yang pada akhirnya akan menciptakan kesempatan-kesempatan yang lebih baik lagi.

Membuat Blog

Hal pertama untuk memulai blog adalah apa tujuan Anda. Apa yang ingin Anda tulis dan publikasikan? Misalkan saja, Anda seorang penggemar dan pengamat sepak bola yang berniat menuliskan review pertandingan-pertandingan favorit. Kemudian perlu dipikirkan perkembangannya, apakah Anda ingin membuat blog Anda khusus mengetengahkan sepak bola? Ataukah dapat berkembang luas, dan sepak bola hanyalah salah satu kategori yang terdapat dalam blog Anda? Hal seperti ini perlu Anda pertimbangkan masak-masak sebelum menentukan nama domain blog Anda, yang tentunya mencerminkan isi blog. Tahap berikutnya adalah menentukan domain dan hosting untuk blog Anda. Anda dapat membuat sendiri blog Anda dari awal, mulai dari membeli domain dan menyewa hosting, desain web dan database, melakukan pengodean, hingga mempublikasikan web tersebut sebagaimana seorang webmaster bekerja.

Pastinya tidak semua blogger harus memiliki latar belakang dan skill webmaster. Cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan jasa website blog/self-hosted blog (yang umumnya gratis), di mana Anda dapat menciptakan nama sub-domain, dan menggunakan template blog yang disediakan. Seluruh fasilitas yang diperlukan oleh blogger tentunya sudah disediakan untuk mempermudah Anda meng-upload content dan mengatur layout. Kekurangannya adalah fitur yang dapat Anda gunakan terbatas pada fitur yang disediakan website tersebut. Salah satu contoh self-hosted blog yang dapat Anda gunakan adalah WordPress, yang menggunakan backend database MySQL dan ditulis dengan PHP, beralamatkan pada wordpress.com. Langkah-langkah registrasi dan penggunaan WordPress sangat mudah dipahami, pilihan theme yang tersedia juga cukup bervariasi, dilengkapi dengan fitur-fitur seperti multibahasa, statistik, spam protection, content management, dan sebagainya. Website-website popular lain yang menyediakan jasa serupa antara lain adalah Blogger (dulu bernama BlogSpot) dengan alamat blogger.com, WordLog (wordlog.com), bahkan website Friendster (friendster.com) juga telah menambahkan fasilitas blog bagi member-nya. Untuk blog yang lebih spesifik, terdapat beberapa kategori blog berdasarkan medianya, antara lain:

1. Vlog
Merupakan singkatan dari Video Log, yang menggunakan media video sebagai content utama. Yang termasuk dalam kategori ini adalah YouTube (youtube.com).

2. Photolog
Sesuai dengan namanya, Photolog menggunakan media gambar sebagai content utama, tentunya cocok bagi Anda yang memiliki hobi atau memiliki pekerjaan pada bidang fotografi, ataupun sekadar hanya ingin menampilkan koleksi gambar dan foto. Jika Anda berada pada kategori ini, website yang menyediakan service-nya antara lain adalah Flickr yang beralamatkan pada flickr.com, FotoLog di photolog.com, dan masih banyak lagi.

3. Tumbleblog
Tumbleblog merupakan variasi berbagai media seperti gambar, link, video, dan sebagainya. Salah satu website yang menyediakan service ini adalah tumblr.com. Format tumbleblog singkat tanpa menyertakan komentar yang umumnya ditemukan pada blog biasa. Sangat cocok jika Anda ingin memublikasikan sesuatu dengan cepat dan to the point, misalnya sekadar berbagi kata inspirasi yang dapat menjadi memotivasi diri.

Mobile Blo

Berkat teknologi yang berkembang pesat, blog juga mengalami migrasi device dari PC atau notebook menuju device lain, seperti PDA dan ponsel, jenis blog ini dikenal dengan moblog, yang merupakan gabungan dari kata mobile dan blog. Tidak kalah dengan blog biasa, moblog juga mulai menyediakan dukungan multimedia seperti gambar dan video. Moblog berkembang dengan pesat diiringi dengan penggunaan fitur-fitur yang semakin digemari pada ponsel/PDA seperti kamera dan koneksi wireless, sehingga mempermudah melakukan melakukan publikasi gambar dengan cepat. Sebagaimana ungkapan lama mengatakan “satu gambar bermakna ribuan kata”, para moblogger dapat mengekspresikan yang mereka inginkan melalui gambar secara “on the fly”.

Menjadi Blogger
Kemunculan blogger yang semakin meningkat setiap harinya membuat dunia Internet semakin penuh dengan informasi baru. Seseorang mungkin tidak membutuhkan semua informasi tersebut, tetapi semua orang pasti membutuhkan sebuah informasi, dan informasi yang dibutuhkan tersebut bisa jadi tersedia pada salah satu blog. Memutuskan menjadi blogger berarti memutuskan tampil didepan publik, apa yang Anda sampaikan dapat dikagumi, dipuji, atau sebaliknya dibantah, dikoreksi, dan dicerca oleh orang lain dalam bentuk komentar (atau bahkan blog saingan!). Publikasi dan informasi yang Anda sampaikan pada publik, akan mengikuti proses penilaian yang menentukan apakah informasi Anda akan disukai atau tidak disukai (yang pasti, keduanya bisa membuat Anda popular).

Beberapa anggapan menganggap blog sama dengan buku diary, memang terdapat persamaan yang jelas, yaitu baik blog maupun diary umumnya merupakan ungkapan hati dan pikiran, tetapi ada perbedaan yang besar di antara keduanya. Diary menulis untuk diri sendiri, sementara dalam membuat blog, Anda menulis blog untuk dibaca oleh orang lain. Hal ini merupakan dasar yang penting dalam membuat blog. Dengan dasar ini, Anda tentu akan berusaha membuat tulisan yang objektif, beretika, bertanggung-jawab, dan tentunya bermanfaat bagi orang lain.

0 comments:

Recent Post