Fenomena Game

Apa game pertama yang Anda mainkan? Bisa jadi bukan merupakan game yang dimainkan pada laptop atau personal computer. Mungkin kali pertama Anda bermain game pada video game console, seperti Atari atau Nintendo terlebih dahulu, apapun itu, game yang kali pertama Anda kenal tentulah sangat sederhana dibandingkan game pada masa sekarang ini.

Game pada PC dahulu dapat disimpan pada disket berkapasitas kecil (tetapi dengan ukuran besar), lama-kelamaan sebagaimana layaknya sebuah program komputer yang terus berkembang, beberapa game memerlukan beberapa disket dan harus dilakukan instalasi pada harddisk. Sejalan dengan perkembangan hardware yang semakin cepat dan dukungan sistem operasi maupun software pendukungnya, revolusi game mulai naik daun dan jangan heran jika ada banyak pengguna mengupgrade komputernya menjadi lebih canggih untuk keperluan bermain game! Salah satu keunggulan bermain game pada PC adalah dukungan jaringan yang memungkinkan Anda bermain game bersama rekan-rekan Anda, bahkan bermain online melalui Internet.

Anda tentu mengenal pula game catur. Mengenai “prestasi” game catur di dunia internasional, tentu orang tidak akan pernah lupa saat kali pertama dalam sejarah seorang juara dunia catur pada saat itu, Garry Kasparov, dikalahkan oleh komputer super milik IBM bernama “Deep Blue” pada tahun 1997. Bukti bahwa game bisa menjadi sangat serius!

Game online merupakan salah satu jenis game yang booming, termasuk di Indonesia. Antara lain adalah Nexia, Ragnarok, Seal, dan lain-lain. Tidak sedikit game saat ini dikembangkan untuk kebutuhan pendidikan dan bahkan menyimulasikan kehidupan nyata, sehingga muncul istilah Serious Games (SGs). Di antaranya Pulse, DoomEd, Dangerous Waters, dan lain sebagainya. Beberapa kategori game yang dikenal adalah Role Playing Game (RPG),arcade, racing, First Person Shooter (FPS), simulation, board, card, puzzle, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki masa gemilang tersendiri, Anda tentu mengenal Need For Speed untuk kategori racing, Diablo untuk kategori RPG, Doom untuk kategori FPS, dan masih banyak lagi.

0 comments:

Recent Post