33 Korban Pembunuhan Diam-Diam Oleh Internet

Bagi sebagian masyarakat di perkotaan internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengan kehidupan sehari-harinya, baik di pekerjaan, di sekolah atau di rumah. Internet membantu memudahkan berbagai kegiatan kita, dari mencari data untuk pekerjaan, bahan kuliah dan sekolah, berbelanja, berhubungan dengan teman-teman, mencari informasi, berkirim berita dan lain sebagainya. Pendek kata, internet sudah melakukan banyak hal untuk kita.

Kian lama ketergantungan kita dengan internet bisa mematikan banyak hal yang sebelumnya sudah membantu dalam kehidupan kita. Perlahan namun pasti, beberapa benda, bidang pekerjaan, kegiatan dan kemampuan kita dibunuh secara perlahan dan diam-diam oleh internet. Mereka menjadi kurang berguna lagi karena sering kita tinggalkan dan digantikan oleh internet. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Memori

Anda hampir-hampir tidak perlu mengingat apa pun ketika berada di depan komputer anda, tinggal searching di google. Anda lupa nama situsnya? Maka goggle akan mengingatkan anda dengan data pada history-nya. Anda hanya memerlukan sedikit penggalan kalimat atau sepotong kata, dan cara pencarian efisien akan memudahkan anda.

2. Buku catatan

Memori komputer dan server lebih luas dari buku catatan anda, untuk apa anda mencoret-coret tulisan yang kemudian susah dibaca ketika anda memerlukannya.

3. Pulpen

Keyboard sudah menggantikan fungsi pulpen untuk banyak pekerjaan kita.

4. Tulisan tangan yang bagus

Saya yakin kita sudah kehilangan kemampuan menulis bagus seperti orang-orang di masa lampau, karena kita sudah lama memindahkan kemampuan kita ke atas tombol-tombol keyboard.

5. Kertas surat

Ingin berkirim surat kepada teman? Tidak perlu capek-capek menulis lalu meremas-remas kertas surat anda karena salah tulis. Apalagi harus membeli perangko dan pergi ke kantor pos untuk mengirimkannya. Anda bisa login di gmail, yahoo, atau berbagai situs yang melayani pengiriman e-mail, ketik e-mail anda dan kirimkan. Dalam sekejap berita, ucapan, atau foto akan tiba di depan matanya.

6. Tukang pos

Sudah pasti pekerjaan bapak berseragam jingga ini akan semakin berkurang, selain sudah sangat jarang orang berkirim wesel pos untuk mengirimkan uang karena ada transfer via ATM atau ponsel, telegram, kartu ucapan dan surat-menyurat yang sudah tergantikan oleh e-mail di internet. Mungkin pekerjaan tukang pos nantinya hanya mengantarkan paket-paket kiriman barang.

7. Album foto

Simpan foto-foto kenangan dan favorit anda di flickr, picasaweb, myphotoalbum, dan banyak situs lainnya. Di sini anda bisa berbagi foto dengan orang lain secara online, dan anda tidak memerlukan lagi album foto dengan foto-fotonya yang mudah usang, dan engselnya yang sering copot.

8. Buku telepon

Untuk pencarian nomor-nomor telepon internasional tersedia di http://www.whitepages.com/, atau http://www.intelius.com/people-search-phone.html. Sedangkan untuk nomor telepon di Indonesia anda hanya bisa mengunduh programnya di link ini. Setelah itu komputer akan merekamkannya untuk anda, untuk dipanggil sewaktu-waktu. Jadi sempurnalah fungsi buku telepon anda sebagai pemukul kecoak yang lewat di kamar anda.

9. Kamus

Kamus online bertebaran di mana-mana. Begitu juga penerjemah google sudah cukup memberitahukan keseluruhan isi situs dengan bahasa yang anda mengerti hanya dalam beberapa detik.

10. Buku dan perpustakaan

Anda ingin membaca sebuah novel, cerita silat, atau buku referensi lainnya? E-book menyediakan banyak pilihan untuk anda, bahkan bisa diunduh sesuka hati anda. Selain internet menyediakan berbagai hal, dan memiliki segudang informasi yang anda butuhkan, tanpa harus mendaftar menjadi anggota dan repot-repot mengembalikan buku yang dipinjam seperti di sebuah perpustakaan.

11. Koran dan majalah

Koran dan majalah on line sudah diterbitkan oleh beberapa perusahaan penerbitan, dan anda tidak akan pernah ketinggalan berita hangat hari ini dari bermacam-macam koran dan majalah, walaupun sedang sibuk bekerja di kantor.

12. Bioskop, CD, DVD, Kaset dan pemutarnya

Anda bisa menonton, bahkan mengunduh lagu, video klip dan film sesuka hati anda, dan bisa memainkannya kemudian kapanpun anda sempat. Banyak situs yang melayani kesenangan anda akan film-film, baik yang lama maupun yang terbaru.

13. Telepon

Jaringan telepon tetap sudah memasuki masa pensiun. Tahun 2010 nanti, diperkirakan VoIP (Voice over Internet Protokol) akan sepenuhnya menggantikan telepon biasa. VoIP melalui ponsel juga akan tersedia.

Saat ini, sudah jutaan orang di seluruh dunia yang menggunakan VoIP. Mereka sangat menikmati tarif murah atau bahkan gratis yang disediakan oleh VoIP. Kualitas suara kini bukan masalah. Jika dulu masih terjadi banyak drop dan delay terlalu lama, berkat koneksi broadband seperti DSL atau TV kabel, bertelepon melalui protokol internet ini dapat berlangsung tanpa gangguan.

Untuk mendapatkan layanan VoIP anda harus mengunduh program khusus VoIP dan mendaftarkan nomor telepon khusus di http://voip.marsinah.com atau http://www.voiprakyat.com

14. Keramahan dan sopan-santun

Orang-orang sepertinya mulai kehilangan keramahan dan sopan-santunnya di internet, disebabkan tidak ada lagi acara tatap muka langsung, sehingga kita tidak perlu memperhatikan mimik wajah dan mendengarkan intonasi suara dari lawan bicara yang kecewa atau kesal dengan kata-kata di dalam e-mail yang kita kirimkan.

15. Canda ria keluarga

Berapa jam anda berada di depan internet? Berapa situs jejaring sosial yang anda ikuti? Saya kira satu situs saja seperti facebook, bisa benar-benar menyita banyak waktu anda, baik untuk beristirahat atau bercengkerama bersama keluarga.

16. Mesin faksimili

Dengan e-mail anda bukan hanya bisa mengirim surat, tapi juga bisa melampirkan foto dan berkas-berkas kantor yang sudah di-scan terlebih dulu, maka ucapkan selamat tinggal kepada mesin faks.

17. Jam tangan

Selain dengan telepon selular, saat anda berada di depan komputer, anda bisa mengetahui waktu dengan menggunakan jam pada sistem komputer atau secara online anda bisa melihat waktu– bahkan di seluruh dunia – pada saat sekarang dengan tepat.

18. Kalkulator

Anda akan ditertawakan oleh teman anda di kantor kalau anda masih mencari-cari kalkulator untuk menghitung angka-angka di dalam laporan keuangan atau nota-nota penjualan anda, sementara anda sedang bekerja di depan sebuah komputer. “Hari gene masih cari-cari kalkulator, di depan kamu itu kalkulator paling gede dan paling canggih!”

19. Pasar dan toko

Tidak sedikit situs yang menawarkan jual beli secara online, seperti ebay misalnya. Selain itu banyak barang bisa dibeli di internet, tanpa harus susah-susah keliling pasar atau mall.

20. Acara reuni sekolah

Situs jejaring sosial seperti Facebook sudah menggantikan acara kumpul-kumpul dengan teman lama yang tersebar di berbagai tempat yang sangat berjauhan. Anda bisa saja menemukan seorang teman yang mungkin tidak pernah terhubung dengan anda selama puluhan tahun dan sudah kehilangan jejaknya.

21. Konsentrasi

Tingkat konsentrasi pengguna internet kemungkinan semakin berkurang, disebabkan berkurangnya penggunaan memori dan beberapa hal sudah dilakukan oleh internet untuk kita, tanpa harus berpikir keras bagaimana suatu cara harus dilakukan.

22. Bursa Efek

Anda yang menyukai bisnis spekulasi, bisa membeli saham, jual-beli valuta asing dan lain-lain secara online di berbagai situs di internet, dan petugas yang melayani anda sekarang mungkin sedang duduk-duduk di dalam kamarnya sambil ngemil.

23. Televisi

Sambil bekerja di depan komputer, anda bisa menonton televisi dengan berbagai pilihan stasiun televisi secara on line di internet. Kenapa harus repot-repot secara bergantian melihat layar monitor dan menengok televisi di sebelahnya.

24. Ketepatan waktu

Di internet orang dengan mudah bisa berkata, “Maaf, saya terlambat membalas e-mail anda, karena saya sedang ….”, atau “Saya tadi off line dan baru bisa on line lagi sekarang karena …,” dan tidak seorang pun yang dapat membantahnya.

25. Hak cipta

Bagi anda yang menyukai lagu, buku atau film tertentu, tinggal mengunduh saja, dan itu kebanyakan gratis. Sedangkan pelanggaran hak cipta yang terdeteksi di internet, sangat tidak sebanding dengan banyaknya penjiplakan (copy-paste), pembajakan, dan pengunduhan yang terjadi.

26. Pengetahuan geografis dan peta

Pada saat anda sedang di perjalanan, dengan sebuah telepon selular berkemampuan khusus seperti gps (Global Positioning System), atau online ke google map, anda dapat mengetahui lokasi anda berada, atau mencari nama sebuah kota, lokasi sebuah negara, nama gunung dan sebagainya. Kenapa harus susah-susah menghapal atau membawa dan membuka-buka peta?

27. Rahasia pribadi dan rasa malu

Di facebook, friendster, dan lain-lain beberapa orang mengungkapkan isi hati dan rahasia-rahasia pribadinya dengan sangat terbuka, tanpa takut dicemooh atau dipermalukan, karena hampir sebagian besar orang begitu.

Dengan anggapan bahwa tidak ada orang yang mengetahui identitas kita yang sebenarnya, beberapa orang bisa dengan enteng mengupload foto-foto vulgarnya atau menceritakan pengalaman-pengalamannya yang seharusnya dirahasiakan.

28. Rekreasi akhir pekan

Akhir minggu mungkin akan lebih banyak dimanfaatkan untuk surfing, browsing atau searching di internet. Lihat saja di mal-mal, dan tempat-tempat yang menyediakan hot spot internet gratisan, biasanya dipenuhi para interneter pada akhir pekan.

29. Video game konsul

Penggemar game online memenuhi sentral-sentral game online di sudut-sudut kota. Anda pun bisa bermain game komputer di rumah anda dengan game-game terbaru secara online. Cukup searching dengan mengetik kata “game online”, maka akan bermunculan beberapa situs game online yang bisa anda pilih. Game online lebih digemari karena lebih mudah untuk mendapatkan dan memainkannya serta lebih murah, tanpa harus memiliki konsul game yang akhirnya akan ketinggalan model dengan game-gamenya yang mahal.

30. Guru, tutor, dosen

Seperti halnya buku dan perpustakaan, maka guru, tutor, atau dosen bisa digantikan oleh internet. Anda bisa belajar elektronik, membuat barang kerajinan, benda seni, dan lain-lain melalui internet. Selain itu informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi sangat luas terdapat di internet, dan itu semua umumnya gratis.

31. Identitas kepribadian

Karena seringnya menggunakan identitas palsu, atau foto-foto avatar, identitas pribadi seseorang bisa sangat tidak jelas dan sulit dipastikan kebenarannya.

32. Salesman, dan katalog belanja, brosur-brosur

Sebuah produk ditawarkan di internet dilengkapi dengan penjelasannya yang detil, tanpa harus membayar seorang salesman, dan membagi-bagikan katalog belanja atau brosur-brosur yang jarang dibaca dan dibuang-buang saja.

33. Acara tatap muka

Pembicaraan via yahoo massenger dengan menggunakan web cam atau kamera online, bisa menggantikan acara tatap muka, rapat-rapat bisnis atau jumpa pers. Bisa saja terjadi pembicaran dilakukan di rumah atau sembarang tempat dengan pakaian seadanya dan sambil makan kacang goreng.

Demikianlah beberapa hal yang akan menjadi out of date disebabkan keberadaan internet. Anda bisa melengkapi daftar di atas dengan hal-hal lainnya, yang sudah hampir terlupakan karena ada internet.

2 comments:

Nyach said...

wah gitu ya, sebelumnya tidak ku sadari

hadi paiman said...

iya tapi kan banyak manfaatnya dari pada mudorotnya karena kita dapat banyak informasi

Recent Post