File Hasil Download

Perhatikan File Hasil Download.Ada beberapa virus menyebar dengan menipu calon korbannya. Calon korban di tawari software dengan fungsi tertentu, yang biasanya menarik. Namun sebenarnya file program yang dtawarkan itu adalah virus.

Pengguna baru sadar setelah virus sudah menyebar ke seluruh bagian komputer. Modus seperti itu sering dilakukan oleh para penyebar virus.


Selain modus itu, ada juga virus yang dikirimkan oleh orang tak dikenal melalui attachments e-mail. Dengan isi e-mail yang meyakinkan calon korban untuk segera membuka file yang di attach. Ketika attachments dibuka, virus aktif. Dan penyesalan sudah tidak berguna. Selain itu, file virus juga bisa datang dari Messanger, MIRC dan sumber-sumber lain yang tidak terbukti kevalidannya.

Yang harus diperhatikan disini adalah jangan asal mendownload dan menjalankan file yang berasal dari sumber yang kurang jelas, apalagi file program.. Mungkin bila file musik atau video, itu tidak beresiko, kecuali video atau musik yang tidak-tidak, mungkin itu masalah lain.

Untuk amannya, scan dulu dengan antivirus yang sudah dipercaya. Jika antivirus tidak mendeteksi file tersebut sebagai virus, jangan lekas percaya. Sebisa mungkin cari dulu info sebanyak-banyaknya tentang file tersebut. Bila berupa attachments, siapakah pengirimnya? Apakah disitu dijelaskan soal file tersebut? Setelah yakin file itu aman, baru dimanfaatkan.

Mungkin terkesan merepotkan, ah…tinggal jalanin saja. Kalaupun kena virus, tinggal instal ulang saja kan beres. Ya..silahkan saja seperti itu, tidak masalah, selama tahu persis apa yang sedang dilakukan termasuk resikonya.

Internet memang berisi file yang memberi nilai tambah bagi banyak orang, tapi sekaligus berisi file-file yang tidak bermanfaat bahkan merugikan. Tinggal peran pengguna untuk selektif dengan apa yang diambil dari internet.

Ok semoga bermanfaat

1 comments:

ilmu kita-kita said...

makasi infonya mas,,
bagus.

Recent Post