Pindah Ke Direktori Web Server

Ketika menginstal IIS (Internet Information Service) di Pc kita, Windows akan memperlakukan komputer kita sebagai server local. Alamat defaultnya ada di http://www.localhost dan folder webnya terletak pada direktori wwwroot di bawah C:\Inetpub. Supaya halaman Web bisa diakses, maka semua file, baik yang berbasis client ataupun server, harus diletakkan pd direktori wwwroot tadi.


Untuk membukanya, masukkan alamat diatas pada browser atau bisa juga dengan mengetikkan alamat IP.
Jika diperlukan, kita bisa mengganti alamat server berikut folder webnya ke direktori lain. Dengan cara ini, browser tidak lagi mengeksekusi file di direktori wwwroot, tapi berpindah ke direktori lain yang sudah ditentukan.

Sebelum memulai, siapkan satu folder khusus misalnya C:\situsmu, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat beberapa file berekstensi*.htm atau *.asp dan simpan pada folder tadi.
  2. Klik "Start >Control Panel> System and Security" lalu pilih "Admisistratife Tools". Pilih "Internet Information Service Manager" untuk mulai melakukan setting.
  3. Pada jendela IIS, klik menu Site sampai muncul Default Web Site. Klik kanan dan pilih "Manage Web Site>Advance Setting".
  4. Pada kotak Physical Path, ketikkan folder tujuan (dalam contoh ini %SystemDrive%\situsmu).
  5. Klik "OK" untuk mengakhiri.
  6. Kini default web folder sudah berpindah ke direktori yang baru. Untuk mengujinya, masukkan http://localhost pada browser anda.
Selamat bereksplorasi !!

0 comments:

Recent Post